Pekan Suci yang unik

Rangkaian Pekan Suci tahun 2009 di Gereja Peziarahan Gunung lain dari yang lain

KAUM MUDA Tahun 2009 Fokus Pastoral Keuskupan Agung Semarang, maka hampir di setiap Gereja berusaha semaksimal mungkin untuk menyapa Kaum Muda secara khusus agar mereka dapat terlibat aktif untuk mengembangkan Gereja.

Minggu Palma

Tidak ketinggalan Kaum Muda di tempat peziarahanpun ikut bangkit untuk turut ambil bagian dalam merayakan Rangkain Perayaan Paskah 2009. Minggu Palma adalah tempat mereka mengekspresikan kemampuan mereka. Sesuatu yang lain dari Perayaan ini adalah Visualisasi Passio/Kisah Sengsara Tuhan Yesus. Dalam peristiwa ini mereka mencoba memasukkan Budaya Jawa/inkuluturasi, dengan menggunakan ‘wayang rai wong’. Gambaran tokoh-tokoh yang ada dalam Passio dalam bentuk Wayang dengan muka manusia. Ternyata hal ini menjadi sangat menarik, bahkan anak-anakpun begitu antusias mengikutinya, padahal biasanya mereka ‘rewel’ mendengarkan pembacaan passio yang relative lama.

Kamis Putih

Malam Perjamuan Tuhan yang kita sebut Kamis Putih juga tidak kalah meriah, karena menampilkan peraga rasul-rasul muda, terkandung harapan bahwa dengan semangat muda mereka bangkit dan bergerak bersama untuk membangun dan mengembang Gereja.


Jumat Agung

Ibadat Jumat Agung untuk mengenang sengsara, dan kematian Kristus pun tidak kalah menarik. Kendati Upacara ini dilaksanakan dalam bahasa Indonesia namun untuk passio dibawakan dalam bahasa Jawa. Hal yang menarik dan berbeda dalam pembacaan passio ini adalah : passio dibacakan dengan seksama dan diiringi oleh suara rabab, gender dan demung ( bagian dari perangkat gamelan jawa ). Sungguh hal ini membawa semua umat yang hadir menjadi ‘trenyuh’/terbawa emosi sampai menitikkan air mata, karena alunan musik yang syahdu, sedih dan masih ditambah dengan dibawakannya tembang ‘megatruh’, salah satu jenis tembang MACAPAT ( Ada tembang macapat : Kinanthi, Pucung, Asmarandana, Mijil, Maskumambang, Pangkur, Sinom, Dhandhang gula, Durma, Gambuh dan Megatruh ; untuk lebih mudah menghafal : Ki Pu As Mi Mas Pa Si Da Dur, Gambuh Megatruh )

Malam Paskah

Malam Paskah, peringatan kebangkitan Tuhan dirayakan dalam bahasa Jawa, yang unik dari perayaan ini adalah kendhati menggunakan bahasa Jawa tetapi tidak menggunakan ‘gamelan’ tetapi dalam nuansa gregorian dengan orkestra. Kemeriahan acara ini adalah ditampilkannya Kaum Muda dalam tari-tarian mengiringi prosesi persembahan. Pembabtisan terhadap 15 orang membuat semakin lengkapnya perayaan paskah 2009 di tempat peziarahan Gunung Sempu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s